Bahaya Pneumonia Pada Bayi

03/01/2017 | By admin2 | Filed in: informasi penyakit.

Bahaya Pneumonia Pada Bayi

Bahaya Pneumonia Pada Bayi

Pneumonia atau yang dikenal dengan paru-paru basah merupakan suatu kondisi dimana terjadi infeksi pada kantung udara diparu-paru. Hal ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau benda yang bersarang disaluran udara. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala ringan hingga parah dan dapat mengancam jiwa. Adapun jenis virus yang menyebabkan pneumonia meliputi virus influenza, virus parainfluenzae, adenovirus dan virus synctial pernapasan. Sedangkan Bakteri umum yang menjadi penyebab pneumonia meliputi Staphylococcus, Streptococcus, Hemophilus influenza dan pneumokokus.

Bayi yang mengambangkan gejala ini dapat mengalami demam dan batu berdahak yang tidak berhenti. Mereka juga mengalami sesak napas, pernapasan yang pendek dan cepat, kelelahan, mudah marah, tidak nafsu makan. Nyeri dada dan suara gemuruh ketika bernapas. Pneumonia didiagnosa setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada tubuh, termasuk foto rontgen atau x ray dan tes dahak yang dilakukan dilabolatorium. Jika tidak diobati, maka dapat menambah keparahan penyakit dan mengancam nyawa buah hati anda. Ketika anak sudah berada didalam kondisi yang kritis, para ahli medis mungkin akan memberikan antibiotik melalui infus. Selain itu, selalu jaga bayi dari benda-benda berbau tajam dan hal-hal lain yang dapat memperburuk kesehatan buah hati anda.

Tindakan Yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Terserang Pneumonia

  1. Jika anda diberikan resep antibiotik, berikan obat sesuai petunjuk yang diberikan oleh dokter
  2. Jangan biarkan ada asap rokok disekitar anda, karena dapat memperburuk gejala
    Memberikan jenis-jenis makanan sehat dan minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi
  3. Mendorong anak untuk beristirahat sebanyak mungkin sampai buah hati anda masuk kedalam masa pemulihan
  4. Batuk dapat bertahan selama satu atau dua minggu lebih

Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan vaksin yang didapat ketika mereka mengikuti imunisasi rutin. Vaksin flu dianjurkan untuk anak-anak dengan penyakit kronis seperti gangguan jantung atau paru-paru atau asma. bat antivirus sekarang tersedia, juga, dan dapat digunakan untuk mencegah beberapa jenis radang paru-paru atau yang berguna untuk meringankan gejala. Sistem kekebalan tubuh yang melemah akibat pneumonia ini menyebabkan penderitnya mengalami gagal ginjal dan sepsis.

Itulah bahaya dan beberapa cara yang dapat membantu anda dalam merawat bayi yang terkena pneumonia. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh 🙂


Comments are closed here.